kartu peserta

Sedikit bercerita lagi tentang persiapan admnistrasi beasiswa ngehits satu ini. Enjoy reading, semoga bermanfaat.

Waktu yang saya punya untuk mempersiapkan persyaratan administratif kira-kira 4 bulan. Dari bulan Juli 2015 – Oktober 2015. Karena waktu yang saya punya tidak cukup banyak maka saya memutuskan mengatagorikan persyaratan-persyaratan tersebut kedalam 2 Jenis. Prioritas waktu dan urgensi. Berikut saya gambarkan dalam diagram.

My Plan

Pada kolom urgensi saya membagi menjadi 2, semua syarat administrasi itu penting namun karena saya punya time limit jadi bagi saya akan lebih mudah mengerjakannya seperti ini. Sangat penting itu maksudnya hal ini harus diselesaikan dengan usaha sendiri, usaha yang keras, dengan kemampuan sendiri, menggunakan otak, berfikir, membaca, belajar dll. oleh karena itu ini sangat penting karena jika element ini ada yang kurang maka kamu harus memulainya dari awal. Sedangkan penting itu maksudnya hal ini element yang harus ada namun tidak membutuhkan kerja keras otak, tapi tenaga dan waktu. Untuk kolom waktu sudah jelas, ada yang membutuhkan waktu yang lama ada pula yang sebentar. Nomor 1, 2, 3 dan 4 adalah urutan pengerjaan dan deadline.

 

Terus kenapa saya memulainya dari arsiran kolom penting dan lama? kenapa tidak mulai dari yang sangat penting dan lama?

Begini alasan saya, pertama jika kamu sedang bekerja kamu tidak akan punya waktu 24jam untuk dirimu sendiri, sedangkan arsiran nomor 1 membutuhkan perhatian lebih awal karena ini berhubungan dengan orang lain dalam menyelesaikannya dan hanya hari-hari tertentu. Jadi saya mengurutkannya berdasarkan waktu, saya beri penjelasan satu persatu :

ARSIRAN 1

  • SKCK tidak bisa dibuat dihari Sabtu atau Minggu karena instansi pemerintahan libur, butuh surat pengantar dari RT/RW dan kecamatan.
  • Surat keterangan sehat memerlukan keberadaan kita cukup lama untuk pemeriksaan sekitar 2-3 jam, untuk beberapa rumah sakit pemerintah juga hanya bisa dilakukan dihari kerja (weekday) dan hasilnya juga baru ada beberapa hari setelah pemeriksaan,
  • Surat rekomendasi berhubungan dengan dosen atau atasan yang mungkin hanya bisa dihubungi diwaktu-waktu tertentu, perhatikan format surat rekomendasi jangan sampai ada yang terlewat. Untuk surat rekomendasi buat lebih dari satu karena bisa saja sewaktu-waktu dibutuhkan untuk daftar ke Universitas yang kita tuju. Buat juga dalam 2 bahasa jika perlu. Catatan ketika saya melakukan verifikasi surat rekomendasi yang dapat digunakan adalah yang bertandatangan asli. Karena ada beberapa pemberi rekomendasi mungkin membuat sign di PDF langsung, namun sebaiknya usahakan meminta tanta tangan asli.

Hal-hal ini mengandung hubungan dengan orang kedua yang tidak bisa kita kendalikan sendiri semaunya, berbeda dengan arsiran nomor 2 walau sangat penting dan butuh effort lebih besar namun kita  berhubungan dengan diri sendiri dan kita yang bisa mengendalikannya.

ARSIRAN 2

  • Essay membutuhkan pemikiran dan penulisan yang apik, editing berkali-kali. Namun ini bisa kita kendalikan sendiri jadi bisa mengerjakannya pelan-pelan, mencicil, perlahan tapi pasti.
  • LoA saya bingung ini masuk mana, karena saya tidak menyertakan LoA jadi saya masukan di nomor 2. Karena walaupun tidak mempunyai LoA kita masih bisa daftar LPDP, LoA sebenarnya berhubungan dengan pihak kedua jadi jika ini prioritasmu, kamu bisa masukan di arsiran 1.
  • TOEFL/IELTS pun demikian, saya pribadi memilih di arsiran 2 karena walau sangat penting hal ini harus banyak dipikirkan dan belajar, jadi dikerjakan tapi tidak terburu-buru karena ada syarat minimal. Harus teliti dalam penetapan waktu tes dan memperkirakan keluarnya hasil tes agar tepat waktu. Jangan mengambil tes dekat-dekat waktu pendaftaran berakhir. Saya pribadi menggunakan TOEFL ITP dengan target awal 550 karena tujuan awal ke Belanda, namun setelah 3 kali tes hasil belum sampai 550 akhirnya saya mengubah haluan menjadi DN. Hasil TOEFL ITP kira-kira 10 hari kerja dihitung dari tanggal tes, atau sekitar 2 minggu.

ARSIRAN 3

  • Ijazah dan transkip, ini mudah digunakan jika kamu sudah lulus dan sudah menerima ijazah. Namun bagi fresh graduated perlu diperhatikan kapan ijazah dan transkip bisa kita terima.
  • Surat Ijin Belajar memerlukan perhatian karena berhubungan dengan kantor atau atasan, bagi yang bekerja dan kemudian mengajukan ijin belajar ini menjadi prioritas penting juga. Namun bagi yang tidak bekerja atau hendak resign, Surat Ijin Belajar tidak diperlukan.

ARSIRAN 4

  • Fotocopy KTP, Surat Pernyataan dan Print Formulir. The last but not the least, perhatikan dengan teliti format surat pernyataan, jangan lupa print formulir ya, beberapa peserta masih suka melewatkannya.

 

Sekian penjelasan strategi saya dalam memenuhi persyaratan administrasi, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mempersiapkan persyaratan administrasi. Jika kamu punya waktu lebih banyak, akan sangat baik dimaksimalkan lagi. Ingat waktu itu sangat berharga, jangan terburu-buru, manfaatkan dengan sebaik mungkin. Ketika persyaratan sudah mulai terkumpul satu persatu kumpulkan dalam satu folder, lakukan cek berulang lalu upload satu persatu. Dan ketika semuanya sudah terkumpul kembali lagi lakukan pengecekan ulang,  saat submit jangan lakukan h-1 hari terakhir pengumpulan karena pengalaman teman ada crash di web LPDP dan akhirnya tidak bisa submit lakukan h-7 atau beberapa hari sebelum waktu pendaftaran online berakhir.

Semangat semuanya! Kamu bisa gunakan Tabel plan yang saya gunakan, atau melakukan variasi sesuai dengan prioritas mu. Good luck !!!

 

 

 

 

Iklan