Jika bertanya apakah aku merindukannya? ya. Jika diberi kesempatan kembali kesana sungguh nikmat yang luar biasa. Mesjid Nabawi menyimpan keindahan yang luar biasa, sejarah dan seluruh kisahnya akan membuatmu menitikan air mata. Ada rasa nyaman ketika sholat disana, merasa lebih dekat dan terasa sangat dekat dengan Nabi Muhammad SAW dan Alloh SWT.

IMG_9111
Matahari terbenam di Nabawi

Dari 10 hari perjalanan umroh, yang 2 hari diantaranya adalah masa perjalanan. Kalau saya tidak salah saya tinggal di madinah selama 2 hari 3 malam dan mekkah 4 hari 3 malam. Pertama kali melangkahkan kaki di Mesjid Nabawi tidak hentinya bersyukur bisa diberi kesempatan beribadah disini. Pahala sholat di Mesjid Nabawi 1000 kali pahala sholat di mesjid lain, Masha Alloh. Bayangkan dalam 3 hari jika sholat wajib 5 waktu sama dengan 15.000 kali pahalanya, belum ditambah pahala sholat sunat. Tidak pernah sekalipun melewatkan sholat berjamaah, setiap adzan berkumandang semua aktifitas berdagang dihentikan semua segera bergegas ke mesjid. Berbondong-bondong sholat di mesjid nabawi, jika baru pergi dari hotel setelah adzan kita pasti tidak kebagian sholat didalam mesjid, halaman mesjid nabawi pun jarang sekali kosong. Masha Alloh, sungguh malu saya yang terkadang menunda-nunda sholat merasa sangat malu pada Alloh SWT.

Processed with VSCOcam with c1 preset
Desember 2014, Madinah

Pintu-pintu dan pilar-pilar dilapisi emas, keindahan luar biasa. Payung-payung raksasa yang otomatis terbuka setelah terbit fajar dan tertutup menjelang terbenam matahari. Sangat indah melihat matahari terbenam dilangit Madinah. Waktu fajar di Madinah dan Indonesia tentu saja sangat berbeda, ketika di Indonesia jam 3 atau setengah 4 subuh menjelang subuh kita melaksanakan sholat tahajud awalnya saya dan mamah menyangka sama. Segera setelah berwudhu, jam 3 kami sudah berangkat dari hotel dan mesjid belum begitu ramai. Kami kemudian melaksanakan sholat tahajud dan tadarus Al-Quran menunggu berkumandangnya adzan, namun hingga jam setengah 6 adzan belum berkumandang. Barulah kami sadar ketika jam 7 lewat fajar mulai muncul dan berkumandang adzan. Membuat saya tersenyum, di Indonesia jam 7 biasanya sudah berangkat ke kampus atau sekolah, disini baru adzan subuh. Masha Alloh indahnya fajar.

indahnya nabawi 2
Design pilar disekitar raudhah berbeda dengan Mesjid Nabawi masih tradisional, dan dibawah kubah hijau tersebut terletak makam Nabi dan Raudhah.

Di sini juga kami berkesempatan mengunjungi raudhah, Raudhah adalah area di sekitar mimbar yang biasa digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berkhutbah. Raudhah yang artinya taman surga, terletak antara rumah Rosul dan mimbarnya berkhutbah. Disana juga terletak bangunan awal masjid Nabawi yang memiliki perbedaan dengan bangunan Mesjid Nabawi yang baru dan memiliki keutamaan untuk kita beribadah disana. Di raudhah juga berada makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Namun ustadjah yang memandu kami menekankan bahwa kita niat datang ke raudhah untuk ziarah ke Mesjid Rosulullah dan beribadah kepada Alloh SWT. Tidak diperbolehkan juga baik bagi wanita maupun laki-laki untuk mengusap-usap dinding kuburan Nabi atau pun mengusap-usap mimbar Nabi ataupun benda lainnya yang ada di raudhah. Yang dituntut ketika berada di raudhah adalah mengerjakan shalat fardhu ataupun shalat sunnah dengan penuh kekhusyukan dan menghadap ke kiblat (bukan ke kuburan Nabi). Sungguh perjuangan yang luar biasa untuk masuk ke raudhah, semua orang sungguh ingin kesana berdoa disana, sholat taubat disana dengan khusyu meminta dan memohon ampun pada Alloh SWT. Walaupun sangat tidak diperbolehkan berdesak-desakan dan menyakiti sesama muslim namun karena padat dan banyaknya jumlah orang yang masuk kadang kita ikut terdesak. Walau ada penjaga (Asghar) yang mengatur masuk dan keluarnya orang, setiap orang diberi  kesempatan untuk sholat dan berdoa namun tidak berlama-lama agar yang lain bisa mendapatkan kesempatan. Alhamdulillah saya bisa sholat dan berdoa disana, sungguh saya tak kuat menahan tangis, dengan rasa malu serendah-rendahnya saya sebagai manusia saya memohon ampun atas dosa-dosa dan kelalaian saya selama ini. Saya memohon keselamatan dan dijauhkan dari siksaan kubur dan api neraka. Semoga Alloh SWT mengabulkan doa orang-orang yang khusyu sholat dan beribadah disana. aamiin ya rabbalallamin.

Jalan-jalan sore menunggu sholat magrib kami berkunjung ke The Beautiful Names of Alloh SWT Exhibitoin yang terletak tidak jauh dari Mesjid. Menceritakan makna nama-nama Alloh, mengenai penciptaan bumi yang terdapat dalam Al-Quran dan  bukti-bukti keagungan Alloh SWT.

Museum
The beautiful names of Alloh Exhibition

Berikut Foto rombongan kami dari Intania, saya bersama ustadjah dan para ibu-ibu super berfoto didepan salah satu gerbang masuk Mesjid Nabawi. Perjalanan ini adalah perjalanan spiritual yang sangat tidak ternilai, semoga diberi kesempatan untuk kembali kesana. aamiin ya rabbalallamin

DSCN0485.JPG

Iklan