Tahun 2015 menjadi langkah besar yang saya lakukan untuk mencapai salah satu mempi saya menjadi seorang akademisi dan peneliti. Saya memutuskan untuk melanjutkan studi Magister dan mendaftar salah satu beasiswa yang sangat diminati para mahasiswa Indonesia yaitu BPI LPDP.

Periapan awal dan sangat dasar yang saya lakukan adalah menetapkan pilihan studi dan universitas yang saya tuju. Menetapkan hati, menguatkan niat untuk melakukan studi S2. Mengetahui alasan-alasan kuat kenapa saya harus menjadi seorang awardee BPI LPDP, kenapa saya harus menjadi seorang dosen. Setelah saya menemukannya, saya menuangkannya kedalam essay.

Sebelum mendaftar sering-seringlah membaca, apa itu LPDP, Visi Misi LPDP, apa saja persyaratannya, bagaimana tahapan yang akan kamu lalui. Banyaklah membaca, budayakan membaca sebelum bertanya. Berdiskusilah dengan teman atau senior yang sudah lulus LPDP pada batch sebelumnya. Sering-sering browsing, buka blog-blog awardee LPDP sebelumnya, kunjungi facebook yang berisi diskusi tentang materi-materi LPDP.

Temukan apa motivasi terbesarmu, percaya dirilah dengan apa yang kamu punya. Kuatkan hati dan niat. Banyak berdoa

Jika kita mau, jika kita berusaha memberikan yang terbaik yang kita punya, kita pasti bisa. Setelahnya jangan lupa berdoa dan pasrahlah kepada Tuhan. Biarkan Tuhan membuka jalan.

