engagement ring for blogMenjalin suatu hubungan adalah suatu komitmen, belajar mengerti orang lain, memahami orang lain, mengalah, menurunkan ego dan bersabar. Dengan komitmen ini kamu belajar, berproses dan bahagia. Tentu saja akan ada sedih dan duka tapi semuanya adalah proses, jadikan bahagia sebagai goal akhir dari komitmenmu jangan jadikan sedih sebagai hasil tapi jadikan ia sebagai proses belajar.

Berapa lama umur hubunganmu dengan si dia?? Jika kamu sekarang sudah menjalin hubungan selama 5 atau 6 tahun -seperti saya- mungkin sudah saatnya kamu berfikir untuk melanjutkan hubungan ke yang lebih serius. Jika kamu mampu menjalaninya berdua sejauh ini, bukan suatu yang mustahil untuk memulai komitmen yang lebih serius. Pernikahan.

Sebenarnya ukuran kebahagiaan, kelanggengan suatu hubungan dan kedewasaan pasangan, tidak dapat diukur dari berapa lama kamu menjalani suatu hubungan. Bagi saya, kedewasaan akan berubah seiring berjalannya waktu, akan lebih menyenangkan bila kita bisa menjalani perubahan tersebut bersama pasangan. Karenanya menikah muda adalah salah satu mimpi saya.

Setelah lulus sarjana tahun 2014, kami berdua merancang plan bagaimana kami akan menjalani hubungan kami seterusnya. Ini adalah langkah awal menuju gerbang keseriusan. Bagi seorang perempuan sudah biasa jika ia mengungkapkan keinginannya untuk menikah, how my dream wedding is. Tapi bagi seorang pria, ketika ia mulai membicarakan hal ini, he really means it. So, untuk mencapai tahap ini dibutuhkan keterbukaan satu sama lain, mulailah pembicaraan ringan  mengenai apa yang akan kamu lakukan dimasa depan, karir seperti apa, keluarga seperti apa, rumah seperti apa yang ingin kamu punya.

Selanjutnya kamu bisa mulai membicarakan hal serius seperti,

bagaimana hubungan kita kedepannya? apakah aku ada dalam setiap rencana hidupmu? apakah kamu ingin aku ada disetiap rencana hidupmu?

Dengarkan apa jawabannya, jika kamu belum berani, cobalah memberi sinyal-sinyal kecil seperti target umur menikah, keinginan menikah muda dan sebagainya.

Yang saya rasakan, keterbukaan pada pasangan menghasilkan rasa nyaman sehingga masing-masing mengetahui apa keinginan pasangannya. Setelah mengetahui apa yang dia inginkan sama dengan kamu. Maka  goals of relationship sudah mulai terlihat, perlahan gerbang menuju pernikahan akan terbuka. Jika visi kalian sudah sama, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat misi dan langkah-langkah yang akan membuat visi dan misi kalian terwujud.

So, good luck !

Iklan