IMG_9339

Labaik Allahumma Labaaik, labaaik Laa Syarika Laka Labaaik Inal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulka La Syarikalah….

Puji syukur tuhan semesta alam, Alloh SWT.  Tahun 2015, tepatnya tanggal 29 Desember 2015 hingga 7 Januari 2015 saya dan keluarga diberi kesempatan dan kesehatan untuk melakukan ibadah umroh ke tanah suci mekkah. Dengan rizki yang Alloh SWT titipkan lewat Bapak, Alhamdulillah saya ikut bersama orang tua dan bisa memenuhi panggilan-Nya  untuk melakukan ibadah Umroh.

Sebelum melakukan ibadah umroh hal yang harus dipersiapkan adalah keperluan duniawi dan rohaniah. Secara rohaniah – bersama KBIH Intania yang memfasilitasi jamaah umroh berasal dari Kabupaten Sumedang -, kami melakukan manasik umroh setiap minggunya. Selain itu beberapa keperluan duniawi  diantaranya membuat passpor, visa, packing dan pemeriksaan kesehatan.

KBIH atau travel adalah agent yang memfasilitasi jamaah dalam mempersiapkan keberangkatan hingga memandu selama ibadah umroh. Oleh karena itu pilihlah KBIH terdekat dari lokasi rumah dan tentu saja yang memiliki fasilitas lengkap untuk melakukan manasik, dan memiliki pemandu atau ustad dan ustadzah yang membuat anda nyaman sehingga dapat melakukan komunikasi yang baik. Pada awal pertemuan, anggota KBIH akan menjelaskan jadwal manasik dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Beberapa kegiatan yaitu erkenalan satu jamaah dengan jamaah lain, kemudian pembagian kamar hotel saat di madinah dan mekkah, rundown kegiatan selama umroh dan daftar barang yang perlu di bawa.

IMG_8219

KBIH atau travel pula yang mengurus keperluan tiket dan Visa. Jangan kaget jika terjadi pengunduran waktu keberangkatan, karena sewaktu-waktu rencana bisa berubah karena kehendak Alloh SWT. Tiket keberangkatan baru dapat dipastikan jika para jemaah sudah memiliki visa, dan pengurusan visa yang biasanya membutuhkan waktu karena memiliki persyaratan seperti vaksin dan tes kesehatan lain. Yakinkan niat kita beribadah kemudian ikhtiar berdoa dan pasrah. Jika Alloh menghendaki kita untuk melakukan ibadah umroh, maka InsyaAlloh kita akan berangkat.

IMG_8547.JPG
Miniatur Kabah

Ustadzah menjelaskan apa itu umroh, bagaimana rukunnya, niat umroh, bagaimana berihram dan memberi nasehat untuk selalu bersabar dan ikhlas dalam menjalani cobaan selama ibadah umroh nanti.

Dengan miniatur kabah ini kami berlatih melakukan tawaf, menghafal bacaan-bacaan tawaf. Selain itu kami berlatih melakukan sa’i. Ustadzah banyak memberikan cerita pengalaman umroh dan haji, memperlihatkan video selama disana, menjelaskan runtutan kegiatan selama beribadah umroh sehingga kami siap secara fisik maupun rohani. Lakukanlah semua persiapan semaksimal mungkin. Untuk perempuan jika kalender menstruasi anda tepat saat melakukan ibadah, diperbolehkan untuk melakukan penundaan mensturasi. Untuk hal ini saya akan menjelaskan pada postan berikutnya ya..

Bersambung…

Iklan